Metode Limitasi Bandwidth Tiap User Hotspot - MamiGoNet

Metode Limitasi Bandwidth Tiap User Hotspot


Pengertian Bandwith dan Limitasi Bandwidth


Bandwith adalah suatu kapasitas atau daya tampung sebuah channel komunikasi untuk dapat dilewati sejumlah traffic informasi data dalam suatu waktu tertentu. Sederhananya bandwith adalah jumlah konsumsi transfer data yang dapat dihitung dalam satuan bit per second (bps). 



Sedangkan  Limitasi Bandwith merupakan suatu pembatasan jumlah konsumsi transfer data dalam bps pada hotspot mikrotik.

Dua Metode Limitasi Bandwidth Tiap User Hotspot


Limitasi Bandwith termasuk salah satu hal yang sangat diperlukan pada hotspot mikrotik. Sebab, wireless hotspot dapat diakses oleh siapa saja yang sudah diizinkan ataupun yang sudah memiliki hak aksesnya. 

Sehingga, agar adil dan merata maka diperlukan adanya pembatasan atau limitasi bandwith pada tiap user hotspot mikrotik tersebut. Lalu, bagaimana caranya ? Berikut ini terdapat 2 Metode Limitasi Bandwith Tiap User Hotspot. Dua metode tersebut yaitu :

1. Metode Built In Limiter


Metode pertama, built in limiter. Built in limiter adalah sebuah metode limitasi bandwidth yang menggunakan parameter rate-limit pada server-profile untuk membatasi total traffic dari sebuah jaringan hotspot. Sedangkan, jika Anda ingin membatasi bandwith per user. 

Dapat dilakukan dengan menggunakan rate-limit yang terdapat pada user-profile. Metode built in limiter ini dilakukan secara otomatis dan mudah. Tetapi, metode ini tidak memungkinkan untuk melakukan suatu implementasi HTB (Hierarchical Token Bucket).

2. Metode Custom Limitation

Metode terakhir yaitu custom limitation. Custom limitation adalah suatu metode limitasi bandwith  yang menggunakan parameter incoming-packet-mark dan outgoing-packet-mark pada user profile. Dalam metode ini, Anda dapat melakukan implementasi HTB serta melakukan limitasi / pembatasan berdasarkan kriteria koneksi yang lebih beragam.

Sedikit penjelasan mengenai HTB / Hierarchical Token Bucket merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi mengatur pembagian bandwith. Pembagian ini dilakukan secara hirarki, yang nantinya akan dibagi ke dalam kelas sehingga dapat mempermudah pengaturan bandwith
.
Demikianlah penjelasan mengenai beberapa metode limitasi bandwith. Keduanya berfungsi untuk membatasi bandwith user pada hotspot mikrotik. Perbedaannya terletak pada parameter. Jika di built in limiter menggunakan parameter rate limit. Sedangkan pada custom limitation menggunakan parameter incoming-outgoing packet mark

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Metode Limitasi Bandwidth Tiap User Hotspot"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel