Jenis-jenis Topologi Jaringan Komputer - MamiGoNet

Jenis-jenis Topologi Jaringan Komputer


Selain perangkat dan tipe jaringan. Dalam membentuk sebuah jaringan, kita harus mengetahui juga jenis-jenis topologi jaringan komputer. Karena pada saat membentuk atau membuat sebuah jaringan, nantunya  kita disuruh memilih topologi jaringan mana yang akan kita terapkan dalam jaringan komputer yang kita bangun. Lalu, apa saja jenis-jenis topologi jaringan tersebut ? Simak uraian berikut!

PEER TO PEER

Topologi jaringan peer to peer termasuk topologi jaringan yang sederhana. Sebab, topologi ini hanya menggunakan dua buah perangkat komputer saja untuk saling terhubung. Media transmisi yang digunakan hanya menggunakan sebuah kabel saja untuk membantu proses pertukaran data. Masing-masing komputer dalam topologi ini dapat berperan sebagai client dan server.

BUS

BUS merupakan nama dari sebuah topologi jaringan yang sering terdengar di telinga kita. Bus adalah topologi jaringan yang dalam penghubungannya menggunakan media kabel tunggal. Bus menggunakan kabel pusat sebagai media transmisi antar perangkat jaringan, mulai dari client - server. Sehingga komputer dan jaringan lain dapat dengan mudah untuk dihubungkan. Tetapi, dengan adanya kabel tunggal/kabel pusat ini, tidak jarang dalam topologi bus sering terjadi collision (tabrakan data).

STAR

Topologi jaringan satu ini, sering kita temui penerapannya di berbagai warnet ataupun laboratorium komputer.  Seperti namanya, topologi star memiliki bentuk jaringan seperti bintang dengan hub / switch sebagai pusatnya. Dimana semua komputer server dan client terhubung dengan konsentrator ini. Dengan adanya kontrol terpusat, pengelolaan dan deteksi kesalahan yang terjadi lebih mudah untuk ditemukan. Namun, kelemahannya adalah boros kabel dan kegagalan pusat kontrol dapat memutuskan semua komunikasi.

RING

Topologi Ring memiliki bentuk melingkar seperti cincin. Jadi, tidak heran jika disebut dengan topologi ring / topologi cincin. Semua komputer dalam topologi jaringan ini akan dihubungkan pada sebuah cincin yang fungsinya hampir sama dengan konsentrator (hub/switch) pada topologi star. Dimana cincin ini menjadi pusat berkumpulnya semua ujung kabel dari tiap komputer yang terhubung. Tetapi, jika terjadi kerusakan pada media pengirim atau terminal dapat melumpuhkan kinerja seluruh jaringan.

TREE

Topologi Tree atau topologi pohon merupakan penerapan dari kombinasi antara topologi bus dan topologi star. Lebih tepatnya, topologi Tree merupakan topologi star yang dihubungkan dengan topologi bus sebagai backbone. Komputer-komputer dalam jaringan ini dihubungkan dengan hub. Lalu, hub satu dan hub lain dihubungkan dengan kabel tunggal/backbone. Media transmisinya satu kabel yang bercabang, namun loopnya tidak tertutup.

HIRARKI

Topologi hirarki memiliki bentuk seperti pohon bercabang. Topologi Hirarki terdiri dari induk atau host yang dihubungkan dengan simpul/node lain secara berjenjang. Jenjang yang lebih tinggi nantinya akan berfungsi sebagai pengatur kerja dari jenjang di bawahnya. Topologi jenis ini sering digunakan oleh perusahan besar ataupun lembaga besar yang memiliki beberapa cabang di berbagai daerah. Sehingga data dari pusat dapat langsung didistribusikan ke cabang, begitupun sebaliknya.

LINIER

Topologi Linier disebut sebagai topologi bus beruntun. Media transmisi yang digunakan  topologi ini adalah sebuah kabel utama yang menghubungkan tiap titik sambungan pada tiap komputer. Kekurangan yang paling menonjol pada topologi linier adalah memiliki kepadatan lalu lintas yang sangat tinggi.

MESH

Topologi jaringan selanjutnya, yaitu topologi mesh. Topologi mesh didesain untuk memiliki tingkat restorasi dengan berbagai alternatif rute. Jelasnya, penjaluran di dalam topologi ini disiapkan dengan sebuah software atau perangkat lunak. Kemudahan dalam topologi ini yaitu dapat berkomunikasi secara langsung dengan perangkat tujuan. Keunggulan lain dari topologi ini adalah memiliki sifat robust.

HYBRID

Topologi hybrid adalah gabungan dari dua atau lebih dari topologi berbeda. Contohnya topologi star yang dihubungkan menggunakan topologi ring. Biasanya ketika dua atau lebih topologi yang berbeda tergabung, topologi jaringan tersebut bisa disebut dengan topologi hybrid. Topologi ini bisa dibilang fleksibel, namun pengelolaan jaringan terbilang sangat sulit.

BROADCAST

Topologi broadcast adalah topologi tipe pertama dari topologi logic komputer. Sederhananya, digambarkan dengan suatu host yang mengirimkan data ke seluruh host lain pada media jaringan.

Demikian uraian mengenai Jenis-jenis Topologi Jaringan Komputer yang dapat penulis jabarkan. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan para pembaca. Semoga bermanfaat.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jenis-jenis Topologi Jaringan Komputer"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel