Jenis-jenis Perangkat Yang Membentuk Suatu Jaringan Komputer - MamiGoNet -->

Jenis-jenis Perangkat Yang Membentuk Suatu Jaringan Komputer

Pada suatu jaringan komputer terdapat banyak perangkat jaringan yang saling terhubung agar dapat saling  bertukar data ataupun informasi. Apa saja perangkat jaringan yang dibutuhkan untuk membuat sebuah jaringan ? Nah, simak penjelasan berikut!

Jenis - jenis perangkat yang membentuk suatu jaringan komputer :


Router

Router adalah sebuah perangkat jaringan yang mempunyai fungsi untuk menghubungkan antara dua jaringan atau lebih. Sehingga dapat terjadi pertukaran data antara satu jaringan dengan jaringan lain yang berbeda. Selain itu, router dapat berfungsi sebagai penghubung antara sebuah komputer dengan jaringan internet.

Repeater

Repeater merupakan sebuah perangkat jaringan yang berfungsi untuk memperkuat dan memperluas jangkauan sinyal WI-FI dari server agar perangkat lain dapat terhubung. Gambaran cara kerja repeater adalah repeater akan menerima sinyal dari server. Setelah itu, repeater akan memancarkan sinyal tersebut lebih kuat dan luas jangkauan jaraknya.  

Access Point

Perangkat ini terdiri dari antenna dan transceiver yang berguna untuk transmisi ataupun menerima sinyal dari client maupun sebaliknya. Access Point juga dapat menghubungkan antara jaringan LAN dengan jaringan lain tanpa kabel. Lebih tepatnya berfungsi menghubungkan antara jaringan berkabel (LAN) dengan jaringan nirkabel (Wireless).

Bridge

Bridge merupakan suatu perangkat yang dapat memperluas sebuah jaringan. Bridge biasanya digunakan untuk menghubungkan antara jaringan LAN satu dengan jaringan LAN lainnya. Bridge juga dapat berfungsi sebagai jembatan untuk menghubungkan beberapa tipe jaringan yang berbeda segmen.

Lan Card

Lan Card adalah perangkat jaringan yang menghubungkan satu komputer ke komputer lain dengan menggunakan kabel agar dapat saling bertukar data/informasi. Tugas utama Lan Card, yaitu mengubah aliran data dari bentuk paralel menjadi bentuk serial. Sehingga data tersebut dapat ditransmisikan melalui kabel jaringan, seperti halnya kabel UTP. Lan Card banyak digunakan dan ditemukan pada jaringan LAN (Local Area Network)

Wireless Card

Merupakan suatu perangkat jaringan yang berguna untuk menghubungkan device secara nirkabel (tanpa kabel). Sehingga dua komputer atau lebih dapat saling terhubung atau berkomunikasi melalui WI-FI tanpa menggunakan media kabel. Biasanya wireless card sudah terdapat secara default pada laptop/notebook masa kini. Jadi, tidak perlu menambahkannya secara manual. Tentu saja, bergantung pada jenis laptop yang dimiliki.

Modem

Modem (Modulator Demodulator) adalah sebuah perangkat jaringan yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog ataupun sebaliknya. Pada awalnya modem akan menerima data dari komputer biasanya berbentuk digital lalu merubahnya menjadi analog dan sebaliknya. Agar dapat mengirimkan pesan maupun data ke email yang dituju.

HUB

Hub termasuk konsentrator dalam sebuah jaringan. Artinya Hub digunakan sebagai media penghubung antara perangkat satu  dengan perangkat lain dalam sebuah jaringan agar saling terhubung. Hub juga berfungsi untuk mengubah sinyal transmisi jaringan. Sayangnya, hub memiliki kelemahan. Yaitu hub  tidak dapat mengatur jalannya aliran data sehingga data yang diterima hub akan dibroadcast /dikirim ke semua perangkat yang terhubung ke hub. Sampai akhirnya data tersebut diterima ke alamat tujuan. Hal itulah yang mengakibatkan sering terjadinya tabrakan data (collision) pada hub.

Switch

Sama halnya seperti hub, switch juga termasuk salah satu konsentrator dalam sebuah jaringan. Tugasnya sama, yaitu sebagai penghubung dalam suatu jaringan. Bedanya Switch dapat mengatasi collision atau tabrakan data karena adanya metode switching dalam Switch. Metode switching yang dimaksud adalah cut-through dan store and forward. Selain dapat digunakan untuk membagi sinyal, switch juga digunakan sebagai filter data.  

Kabel Jaringan

Perangkat satu ini termasuk dalam media transmisi data. Kabel Jaringan berfungsi menghubungkan dua atau lebih perangkat komputer agar dapat saling bertukar data. Contoh jenis kabel jaringan yaitu kabel UTP/STP, kabel Coaxial, dan kabel Fiber Optik. Janis kabel yang digunakan dalam sebuah jaringan disesuaikan dengan topologi jaringan yang digunakan.

Demikian pembahasan tentang Jenis-jenis Perangkat Yang Membentuk Suatu Jaringan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan serta wawasan pembaca mengenai suatu jaringan.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jenis-jenis Perangkat Yang Membentuk Suatu Jaringan Komputer"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel