Cara Menambah User PPPoE Pada Mikrotik - MamiGoNet -->

Cara Menambah User PPPoE Pada Mikrotik


Pengertian PPPoE atau Point to Point Protocol Over Ethernet adalah suatu protokol jaringan yang berfungsi untuk mengenkapsulasi frame PPP (Point to Point Protocol) yang terdapat dalam koneksi internet. PPoE biasanya berguna untuk menghubungkan perangkat Modem dari pengguna agar tersambung ke jaringan ISP (Internet Service Provider). PPPoE juga digunakan untuk memberi sambungan secara langsung atau sering disebut point to point dari client ke router baik router ADSL modem maupun router mikrotik / ISP dengan bantuan tunneling.

Tunneling disini, merupakan sebuah protokol komunikasi yang berperan dalam perpindahan data satu jaringan ke jaringan lain. Proses tunneling melibatkan adanya komunikasi jaringan pribadi untuk dikirim melalui jaringan publik. Proses inilah yang disebut enkapsulasi.

Itu tadi gambaran tentang pengertian dan fungsi dari PPPoE. Nah, di kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang cara menambah user PPPoE. Lalu, bagaimana caranya ? Penasaran ? Simak penjelasan berikut!

Langkah awal sebelum menambahkan user PPPoE adalah memastikan  komputer yang digunakan sudah terkoneksi dengan internet baik melalui router atau modem. Setelah itu, pastikan settingan PPPoE yang dimiliki sudah berhasil. Kemudian, untuk menambahkan user pada settingan PPoE yang telah dibuat. Ikuti langkah di bawah ini!


  1. Klik menu tab Secrets
  2. Lalu, klik Add [+] untuk menambahkan data user
  3. Isikan username pada kolom Name
  4. Selanjutnya, isi kolom Password dengan kata sandi sesuai keinginan. Pastikan kata sandi yang dibuat sulit untuk ditebak!
  5. Kemudian, untuk kolom Service arahkan menuju PPPoE
  6. Lalu, pada kolom Profile arahkan ke Profile yang sudah kita buat
  7. Klik Apply dan OK. Selesai!


Caranya cukup mudah bukan ? Lalu, bagaimana cara mengetes atau mencobanya jika settingan yang telah dilakukan berhasil ?

Untuk uji coba atau pengetesan dapat dilakukan pada perangkat MikroTik lain. Caranya dengan menambahkan Interface PPPoE Client pada Mikrotik teman Anda. Melalui menu Interfaces – Interface – PPPoE Client atau PPP – Interface – PPPoE Client. Selesai!

Demikian cara menambah user pada PPPoE. Dari implementasi PPPoE yang sudah berhasil di setting tersebut. Anda dapat  menciptakan hubungan antara client - server yang lebih aman. Serta manajemen akun Anda semakin baik dan efektif.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menambah User PPPoE Pada Mikrotik "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel