Cara Aktifkan Log Pada Mikrotik - MamiGoNet

Cara Aktifkan Log Pada Mikrotik


Router OS merupakan suatu sistem operasi atau perangkat lunak yang digunakan oleh sebuah Router Mikrotik. Agar Router Mikrotik dapat berperan sebagai network, pengendali, maupun pengatur lalu lintas antar jaringan. Router OS sendiri memiliki berbagai fitur, seperti Firewall, NAT, Hotspot, Log, dll.

Salah satu kemampuan yang menarik dari Router OS adalah Router OS mampu melakukan pencatatan dari berbagai aktivitas sistem serta informasi status router. Semua aktivitas dan proses yang terjadi pada sebuah router akan dicatat dan disimpan pada sebuah RAM. 

Daftar catatan tersebut biasanya akan disimpan pada menu Log. Log atau Catatan yang terdapat pada menu Log akan hilang jika kita melakukan restart pada router. Hal ini disebabkan karena catatan dalam menu Log disimpan pada RAM (Random Access Memory) sehingga penyimpanannya bersifat sementara. Biasanya, jika terdapat permasalahan dalam jaringan. Hal pertama yang dilakukan  seorang admin jaringan adalah melihat aktivitas Logging pada Router OS.

Itulah alasan kenapa Log sangat berguna dalam pemecahan sebuah jaringan. Sebab, untuk dapat mengetahui sebuah permasalahan jaringan. Admin akan menganalisa Logging terlebih dahulu supaya lebih efektif. Dari Log nanti dapat dilihat dan diketahui proses apa saja yang telah terjadi.

Fitur log ini dapat dimanfaatkan dengan cara men-setting parameter port 80 dan 443 untuk akses web. Dari fitur log, kita juga dapat mengetahui alamat IP Adress Public yang sering diakses oleh client. Contohnya, apabila seorang client mengakses halaman google. Maka IP Address Public dari google tersebut akan secara otomatis selalu tersimpan dalam Log mikrotik. Jadi, kita tahu client mengakses situs domain web apa saja.

Lalu, bagaimana cara aktifkan log pada mikrotik ? Nah! Dengan baik hati penulis akan memberitahu beberapa langkah yang harus diikuti! Beberapa langkah tersebut, yaitu :

1. Klik menu IP Firewall
2. Pilih Filter Rules
3. Klik Add [+]
4. Di bagian tab Action pilih log
5. Sedangkan pada Log Prefix isi dengan Log_Web
6. Klik AplydanOK
7. Kemudian klik menu Log untuk melihat aktivitas logging. Selesai!



Demikian, itulah beberapa langkah dalam mengaktifkan log pada mikrtotik yang perlu dilakukan. Mudah sekali bukan caranya ?! Selamat mencoba. Semoga Berhasil!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Aktifkan Log Pada Mikrotik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel