Konfigurasi Waktu Di Mikrotik - MamiGoNet -->

Konfigurasi Waktu Di Mikrotik


Pengaturan waktu meliputi jam, , dan jutanggal bulan dan juga tahun pada Router Mikrotik jelas sangat sangat diperlukan saat anda telah implementasi rule-rule yang berdasarkan parameter waktu, dimana rule tersebut akan  dikonfigurasikan supaya dapat berjalan pada waktu tertentu. Misalnya saja scheduler.

Ketidak sesuaian waktu antara Router Mikrotik dengan keadaan nyata inilah yang akan mengakibatkan rule tersebut tidak akan berjalan sesuai dengan kebutuhan. Tidak hanya itu, pencatatan pada Log Router juga tersedia informasi waktu kapan Log tersebut dibuat, yang menjadikan  bingung pembacanya dalam pembacaan  jika informasi waktu tersebut tidak sesuai dengan keadaan yang  nyata.

Pengaturan waktu yang terdapat  pada Router Mikrotik ini dapat dilakukan di menu System lalu pilih Clock. By default waktu yang ada pada Router Mikrotik akan menunjukkan jam 00:00:00 tanggal Jan/02/1970.  Maka tentu saja harus dilakukan penyesuaian waktu pada Router.




Pada RouterBoard pengaturan manual tersebut yang ada pada System > Clock akan kembali ke pengaturan default lagi ketika router reboot. Hardware RouterBoard ini tidak dirancang untuk dapat melaksanakan penyimpanan waktu seperti pada sebuah Komputer.

Alternatifnya kita dapat memakai service NTP atau biasa disebut Network Time Protocol yang memungkinkan Router ini dapat melakukan sinkronisasi waktu pada perangkat lain di dalam jaringan.

Mikrotik ini bisa difungsikan sebagai NTP server atau juga NTP Client atau bahkan kedua nya sekaligus secara bersamaan.

Mikrotik Sebagai NTP Client


Pada package system RouterOS Mikrotik ini telah ada fitur yaitu  SNTP atau bisa di sebut simple Network Time Protocol. Client yang dapat kita gunakan untuk memfungsikan Router ini sebagai NTP Client. Ketika menyala maka Router ini akan otomatis dan melakukan sinkronisasi waktu terhadap NTP Server yang ditunjuk sehingga pengaturan waktu yang kita buat akan tetap update sehingga tidak lagi kembali ke default.

Ada banyak sekali NTP Server di internet yang dapat dipakai. Contohnya  adalah id.pool.ntp.org , ntp.nasa.gov ,dan sebagainya. Maka Gunakan mode=unicast

Hanya ada 2 mode saja pada SNTP Client yaitu broadcast dan juga unicast. Untuk mode yang lain yaitu Multicast dan

Manycast maka dapat menggunakan NTP Client yaitu dengan menginstall package dari ntp.npk.
Saat SNTP Client telah berhasil melakukan sinkronisa maka setelah sukses melakukan sinkronisasi akan tidak serta merta waktu pada Router telah benar. Maka cek pada menu System lalu pilih Clock . Anda tentu saja akan melihat bahwa tanggal telah sesuai namun jam ini masih belum. Maka sesuaikan atau atur dengan mengatur pada Time Zone Name .
Mikrotik Sebagai NTP Server

Fungsi dari NTP Server yang ada pada Mikrotik tidaklah ada pada package default dari RouterOS, sehingga tentu saja harus install manual package dari ntp.npk.

Dengan fungsi dari NTP Server ini kita dapat mempunyai sebuah server yang ada didalam jaringan kita sehingga RouterBoard yang lain cukuplah mencari informasi waktu pada jaringan lokal sehingga tidak perlu memakai bandwidth untuk akses ke public NTP server yang ada di internet.

NTP server dapat kita bangun pada sebuah hardware yang dapat melakukan penyimpanan waktu atau time, misalnya  sajaPC Router.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Konfigurasi Waktu Di Mikrotik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel