Konfigurasi Membuat Hotspot User Profile - MamiGoNet

Konfigurasi Membuat Hotspot User Profile


Hotspot merupakan sebuah area atau lokasi fisik dimana Anda dapat memperoleh akses internet dengan teknologi Wi-Fi, melalui jaringan WLAN yang terhubung ISP. Untuk mengakses Wi-Fi dengan hotspot dibutuhkan sebuah username untuk log in. Untuk mengatur sebuah user Anda harus mengkonfigurasi hotspot user profile terlebih dahulu. User profile merupakan sebuah profil user yang mana digunakan untuk membedakan username yang log in ke mikrotik sebagai admin, guest dll. Lalu
bagaimana cara konfigurasi untuk membuat hotspot profil user pada mikrotik ?
Berikut ini langkah - langkah membuat user profile pada mikrotik :
  1. Siapkan router mikrotik dan aplikasi winbox yang sudah terinstall pada laptop atau komputer yang Anda gunakan untuk setting mikrotik.
  2. Pastikan Mikrotik yang Anda miliki sudah terkoneksi dengan internet dan sudah memiliki konfigurasi hotspot.
  3. Buka Winbox
  4. Setelah konfigurasi hotspot dipastikan telah dibuat, Anda harus membuka menu IP > Hotspot > User Profiles > Add [+]
  5. Pada menu general isi Name dengan nama user yang akan log in sesuai keinginan (misalnya : siswa).
  6. Isi Address Pool (misalnya : hs-pool-3). Address Pool disini diisi dengan DHCP server yang sudah disetting dan dapat digunakan user untuk mendapatkan ip address secara otomatis.
  7. Isi Shared Users (misalnya : 3). Isi Shared Users sesuai kuota yang Anda izinkan untuk bisa log in dengan nama user yang sama dalam waktu bersamaan.
  8. Isi Rate Limit (rx/tx) sesuai batas yang telah Anda tentukan (misalnya 512k/512k). Rate limit ini digunakan untuk menentukan besar kecepatan bandwith dari sebuah user (rx untuk download dan tx untuk upload). 
  9. Lalu Apply > OK.
Konfigurasi yang telah dilakukan akan menghasilkan satu users profile yang dapat digunakan maksimal 3 siswa untuk log in dengan user yang sama dan dalam waktu yang bersamaan dengan kecepatan 512k untuk upload dan download. 

Setelah melakukan konfigurasi diatas, Anda dapat mengulang caranya beberapa kali sesuai user profiles yang Anda rancang atau izinkan untuk log in misalnya Anda ingin buat untuk siswa, guru, staf, satpam dll. 

Setelah selesai melakukan setting user profiles, kemudian kita buatr user dan password untuk masing - masing user. Caranya buka menu IP > Hotspot > User > isi server, name, password, dan profile. Seperti berikut ini ; 


Server : all
Name : siswa (isi sesuai username yang telah dibuat)
Password : ******** (sesuai keinginan)
Profile : siswa (nama user profile yang dibuat tadi)

Setelah itu, Anda tinggal melakukan testing dengan membuka halaman log in hotspot pada browser. Kemudian log in dengan menggunakan user dan password yang telah dibuat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Konfigurasi Membuat Hotspot User Profile"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel