Cara Membuat atau Konfigurasi PPPoE Server - MamiGoNet

Cara Membuat atau Konfigurasi PPPoE Server


Point to Point Protocol over Ethernet adalah sebuah protokol yang digunakan untuk mengenkapsulapsi frame PPP dalam koneksi ethernet. PPPoE Server berfungsi untuk menghubungkan perangkat modem dari pengguna agar dapat terkoneksi ke jaringan ISP dan Internet menggunakan bantuan Tunneling. Lalu bagaimana caranya membuat PPPoE server di mikrotik, yaitu sebagai berikut :

Cara Konfigurasi PPPoE Server

  1. Siapkan satu mikrotik sebagai PPPoE Server
  2. Silahkan log in ke MikroTik melalui Winbox
  3. Klik menu PPP yang tertera pada menu utama winbox. Jika tidak ada, Anda harus mengecek apakah paketnya terinstall atau tidak pada System > Packages
  4. Pilih Tab PPPoE Servers, lalu klik [+], kemudian cek satu per satu IP untuk setiap user di Static/Fixed IP pada sisi server. Atau Anda dapat menggunakan ip dinamis (ip yang diberikan secara otomatis oleh server). Caranya dengan IP > Pool > ketik range IP yang diinginkan (misal 10.20.50.1 - 10.20.50.100) > Apply > OK . 
  5. Kembali ke menu PPP > Profiles. Isi name sesuai keinginan. Lalu, isi Local Address (beri IP diluar range yang telah dibuat) dan Remote Address (masukkan nama konfigurasi IP Pool, bila perlu isi DNS jika dibutuhkan). Kemudian Apply > OK . 
  6. Tambahkan data user yang dapat menggunakan layanan PPPoE! Caranya dengan klik tab Secrets > klik [+] > isi name (untuk username Anda) > isi password > pada service isi PPPoE > isi profile dengan profil yang telah dibuat > Apply > OK . Selesai. 
  7. Untuk mengecek PPPoE Server yang telah kita buat. Anda harus menambahkan Interface PPPoE Client dengan cara Interfaces > Interface > PPPoE Client atau PPP > Interface > PPPoE Client.
Setelah membuat PPPoE, kita dapat menciptakan koneksi antara Client dan Server yang lebih aman. Supaya manajemen akun Anda semakin baik dan efektif. Anda juga dapat menggabungkan PPP dengan RADIUS Server contohnya MikroTik Userman. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat atau Konfigurasi PPPoE Server"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel