Management Bandwidth dengan Queque Tree - MamiGoNet

Management Bandwidth dengan Queque Tree

Limit Bandwidth dengan Queque Tree adalah artikel yang akan dibahas kali ini oleh admin MamiGoNet. Management bandwidth sangat penting sekali bagi sebuah jaringan, apalagi memiliki client banyak. Sebelum kita lanjut ke dalam pembahasan, apakah kalian sudah paham mengenai Bandwidth itu sendiri?

Bandwidth adalah sebuah nilai transfer data yang dihitung dengan satuan bit/detik. Bandwidth dapat didefinisikan lebar atau luas yang dapat dipakai oleh sinyal dalam sebuah medium transmisi. Pembagian badwidth pada sebuah jaringan sangat penting agar antara client 1 dan lainnya tidak saling berebutan badwidth. Maka dari itu MamiGoNet akan membuat langkah-langkah pembatasan bandwidht dengan Queque Tree.

Management Bandwidth dengan Queque Tree

Pembagian bandwidth dengan Queque Tree ini akan meliputi sebagai berikut :
  1. Konfigurasi magle pada firewall dengan tujuan untuk membedakan trafik download dan upload.
  2. Setting PCQ atau Per Connection Queuing pada Queue Types.
  3. Menyeting Queue Tree

Itulah langkah kita nantinya untuk membatasi bandwidth dengan Queque Tree. Untuk tutorialnya kalian bisa simak dibawah ini:

Membuat Mangle di menu Firewall

Untuk yang pertama kalian harus membuat settingan mangle yang bertujuan untuk membedakan trafik download dan upload, untuk caranya sebagai berikut.

Mangle Trafik Download

  1. kalian masuk ke menu IP - Firewall - Mangle, kemudian kalian klik icon atau tanda plus (+) untuk menambahkan sebuah rule.
  2. Setelah terbuka cendela untuk menambah rule, kalian masuk ke tab General. kemudian isikan dengan rule berikut : chain : forward, dst address : ip local kalian
  3. Setelah itu, kalian pindah ke tab Action, kemudian ganti dengan rule berituk : action : mark packet, new packet mark : down_user,. kemudian ceklis passthrough. Setelah itu klik Aply dan Oke.

Mangle Trafik Upload

  1. kalian masuk ke menu IP - Firewall - Mangle, kemudian kalian klik icon atau tanda plus (+) untuk menambahkan sebuah rule.
  2. Setelah terbuka cendelanya silahkan isikan rule di tab General sebagai berikut : chain : forward, dst address : ip local kalian.
  3. Kemudian pindah ke tab action dan masukan rule sebagi berikut : action : mark packet, New Mark Pakect : upl_user. Kemudian ceklis Passthrugh. Setelah itu klik Aply dan Oke.

Setting PCQ atau Per Connection Queuing

  1. Masuk ke menu Queque - Queque Types. kemudian klik icon plus (+) untuk menambahkan. Pada type name isikan nama pcq_down, kemudian kind pilih pcq, dan ceklik dst addres dan dst port. Ini untuk membuat PCQ Download, setelah itu kalian buat PCQ Upload. 
  2. Untuk membuat PCQ Upload langkahnya hampir sama, hanya pada saat ceklis kalian ceklis yang scr addres dan src port.

Setting Queque Tree

Setelah kalian melakukan Setting Mangle dan PCQ, saatnya kalian setting di Queque Treenya. Untuk cara setting Queque Tree kalian bisa mengikut cara berikut ini :

Queque Tree untuk Download

  1. Langkah yang pertama adalah membuat Induk Queque Download. Cara untuk membuatnya kalian masuk ke menu Queque - Queque Tree. Kemudian kalian klik icon plus (+), setelah itu bagian nama isikan Download, Parent isikan interface, contohnya lokal LAN. dan untuk MAX Limit isikan limitnya. 
  2. Langkah kedua kita membuat Child Queque download. Untuk caranya mirip sekali dengan langkah pertama, kalian bisa melihat konfigurasi gambar di bawah ini. 

Queque Tree untuk Upload

  1. Langkah pertama kita membuat Induk Queque Upload. Caranya kalian masuk ke menu Queque - Queque Tree. Kemudian klik icon plus (+) kemudian nama isikan Upload, Parent isikan Interface WAN/ Publik. Kemudian untuk Max Limit kita sesuaikan. 
  2. Langkah kedua sama dengan langkah kedua pada Queque Tree Untuk Download. Bedanya pada bagian Parent kalian pilih upload.
Nah itulah artikel mengenai Management Bandwidth dengan Queque Tree. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu anda untuk memanajemen bandwidth pada jaringan anda semua. Jika kalian suka dengan artikel ini jangan lupa berlangganan di blog MamiGoNet agar kalian tidak ketinggalan dengan artikel terbaru.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Management Bandwidth dengan Queque Tree"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel