Beberapa Tips dan Cara Menggunakan Winbox Part 1 - MamiGoNet

Beberapa Tips dan Cara Menggunakan Winbox Part 1

Halo sahabat MamiGoNet semua. Di postingan kali ini masih membahas mengenai Tutorial MikroTik. Tetapi bukan pada konfigurasi MikroTik, melainkan cara menggunakan Winbox. Pasti kalian yang berkunjung ke sini belum tahu lebih dalam mengenai semua penggunaan dan fitur-fitur Winbox. Maka dari itu admin akan membuat dan mengulas mengenai winbox. Berikut ini adalah tips dan trik menggunakan winbox agar lebih maksimal.

Cara Menggunakan Winbox


#1.Remote Mikrotik

Kalian pasti sudah tahu bahwa mikrotik digunakan untuk meremote sebuah router mikrotik. Kalian bisa meremot router mikrotik anda menggunakan Mac Address dan IP Address Router anda. Untuk remote menggunakan Mac Address biasanya digunakan jika router mikrotik belum memiliki IP.


Dan untuk meremote menggunakan IP Address bisa digunakan jika router mikrotik anda sudah memiliki IP Address. Jika kalian menggunakan IP Address dalam meremote akan lebih stabil. Kenapa? karena IP Address sendiri menggunakan Protocol TCP.


#2.Memanfaatkan Fitur Safe Mode

Apakah kalian sudah tahu tentang Fitur Safe Mode? fitur ini bisa kalian manfaatkan jika kalian ingin menambah suatu konfigurasi baru. Jika kalian memanfaatkan fitur ini kalian bisa meminimalisir kesalahan pada saat menambah konfigurasi.


Pada saat Sade Mode aktif kalian bisa menambah konfugurasi yang akan kalian tambahkan, jika konfigurasi baru tersebut menggangu konfigurasi lain atau menjadikan router tidak bisa berfungsi seperti biasanya kalian tinggal tutup saja winboxnya. Tenang saja jika kalian mengatifkan Safe mode konfigurasi kalian tidak akan tersimpan jika winbox di tutup. Jika konfigurasi kalian sudah fix dan benar kalian tinggal nonatifkan saja Fitur Safe Mode dan nanti akan tersimpan secara otomatis konfigurasi kalian.

#3.Hide Password


Sebenarnya fitur ini tidak perlu di bahas, tetapi siapa tau kalian belum paham mengenai ini. Fitur ini jika kalian aktifkan maka akan menyembunyikan karakter atau merubah karakter menjadi bintang atau bulet-bulet jika kalian menginput karakter sebagai password. Contohnya jika kalian mengisi PPP Secret, User pada Hotspot, Security Profil dan lainnya makan akan berubah. Jika kalian ingin melihat karakter aslinya tinggal nonatifkan saja.

#4.Dasboard


Ada apakah di dalam tab dasboard? Dasboard winbox ini berisi beberapa informasi mengenai router anda yaitu meliputi Time, Date, CPU Load, Memoruy dan Uptime. Jika kalian Ceklist maka akan muncul pada Dasboard atau di samping tombol safe mode. Cek Gambar di bawah ini.

#5.File Manager


Apakah kalian sudah masuk ke menu Files? jika kalian pernah mengganti Template Login Page Mikrotik pasti sudah pernah. Dengan adanya Winbox yang baru jika kalian ingin mengupload sebuah file ke RouterOS anda tidak perlu menggunakan Software FTP seperti Filezilla dll. Kenapa? karena di winbox sudah bisa langsung Upload File. Selain upload kalian juga bisa mendowload atau menggunduh file yang ada dalam RouterOS tersebut.

Gimana kelima diatas sudah paham belum? sebenarnya masih anda banyak sekali tetapi akan kami ulas pada artikel berikutnya. Bagi kalian yang tidak ingin ketinggalan artikel terbaru MamiGoNet sebaiknya kalian berlangganan dengan blog ini. Sekian Terima Kasih..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Beberapa Tips dan Cara Menggunakan Winbox Part 1"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel