Cara Konfigurasi IP Address di Debian 9 ( Stretch) Cara Konfigurasi IP Address di Debian 9 ( Stretch) - MamiGoNet

Cara Konfigurasi IP Address di Debian 9 ( Stretch)


Selamat datang di MamiGoNet. Kali ini saya akan share mengenai Setting IP Address di Debian 9, kalo kemarin pernah saya post mengenai Konfigurasi di debian 8 ya, sebenarnya cara konfigurasinya sama hanya ada perbedaan sedikit sekali. Perbedaan untuk Debian 8 dan 9 ini terletak pada interfacenya. Kalo di debian 9 tidak lagi eth0, eth1 dan seterusnya.

Untuk setting IP Address sama contohnya pada sebuah system operation debian 9 terdapat 2 interface dan telah terhubung dengan sebuah Modem untuk internet dengan IP 192.168.0.1/24 dan untuk jaringan lokalnya yaitu 192.168.2.1/24.

Sebelum Anda melakukan konfigurasi, lihat dan cek terlebih dahulu interface yang tersedia pada Debian 9 server. Caranya gimana? Anda cukup ketikan perintah berikut ini :

#ip a

Dari gambar di atas sudah terlihat bahwa pada debian 9 server Anda tersedia 2 interface yaitu enp0s3 dan enp0s8. jangan kawatir kalau nama interface tidak sama, karena setiap komputer biasanya berbeda dalam penamaan intefacenya. Setelah itu tahap pertama adalah mengatur IP Address. Settingan IP Address terletak pada Fiel di dalam direktori /etc/network/interface.

Untuk mengedit file tersebut bisa menggunakan perintah nano(spasi)direktori file. Nano sendiri adalah aplikasi seperti halnya notepad kalo di windows.

Untuk mengedit file tersebut masukan perintah berikut :

#nano /etc/network/interface

Lalu edit sesuai jaringan Anda. Sesuaikan Interfacenya dengan jaringan yang terhubung. Setelah itu save. Setelah konfigurasi IP Address kalian edit DNS Servernya. Kalian bisa menggunakan perintah berikut :

#nano /etc/resolv.conf

Masukan DNS Servernya. Contoh: Nameserver : 8.8.8.8 Setelah selesai, konfigurasi di atas tidak akan berguna jika kalian belum merestart network pada debian 9 kalian. Caranya merestart dengan cara mesukan perintah berikut ini :

 #systemctl restart networking

 Setelah itu kalian bisa melakukan uji koneksi pada Debian 9 Server dengan cara melakukan ping ke google atau ke modem, jika Reply berarti konfigurasi Anda berhasil. Sekian dan Terima Kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Konfigurasi IP Address di Debian 9 ( Stretch)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel