Cara Membatasi Atau Limit Bandwidth Dengan Simple Queue Cara Membatasi Atau Limit Bandwidth Dengan Simple Queue - MamiGoNet

Cara Membatasi Atau Limit Bandwidth Dengan Simple Queue


Tutorial selanjutnya tentang Mikrotik yaitu Cara Limit Bandwidth dengan Simple Queue. Pembatasan dan pengaturan pemakaian bandwidth ini sangat penting dalam pengunaan internet, Misalnya Kuota Bandwidth yang diberikan oleh ISP terhadap kita sangat terbatas, jadi kita juga perlu untuk membatasi penggunaan user yang terkoneksi terhadap Router Mikrotik kita. Pembatasan atau Limit Bandwidth di Queue sebenarnya ada sua macam yaitu Simple Queue dan Queue Tree, tetapi kali ini saya akan share mengenai Simple Queue terlebih dahulu.

Limit Bandwidth Dengan Simple Queque
Limit Bandwidth Dengan Simple Queque

Apa Simple Queue?

Simple Queue adalah cara termudah untuk melakukan sebuah management bandwidth yang biasanya di terapkan pada jaringan kecil sampai ke jaringan menengah yang digunakan untuk mengatur pemakaian Bandwidth upload dan download pada setiap user yang terhubung dengan router mikrotik.

Cara Melimit Bandwidth dengan Simple Queue

  1. Buka mikrotik anda melalui winbox, kemudian masuk ke menu Queues. 
  2. Kemudian pilih tab Simple Queues dan klik Simbol (+) seperti gambar di bawah ini. 
    Cara Membatasi Atau Limit Bandwidth Dengan Simple Queque
  3. Di tab General isikan Nama Bebas dan Target Address isikan IP Target atau juga bisa salah satu Ethernet yang di limit, Kemudian untuk Max Limit isikan sesuai yang anda inginkan lebih tepatnya lihat gambar di bawah ini. 
    Cara Membatasi Atau Limit Bandwidth Dengan Simple Queque
  4. Kemudian Klik Apply dan OK.

Sampai di situ Limit Bandwidth untuk Ether 4 sudah berhasil bisa di cek dengan Speedtest. Ada banyak sekali Tab di Jendela Simple Queue tersebut tetapi kita tidak akan menggunakannya semua, berikut ini penjelasan mengenai tab-tab tersebut.

Tab General

Pada tab ini ada beberapa pilihan yang dapat anda setting untuk melimit Bandwidth, yang perlu anda perhatikan adalah Target Address dan juga Max Limit.

Target Address

Untuk hal ini bisa anda isikan Target IP yang nanti anda akan mau Limit, misal anda ingin melimit IP 192.168.3.1 . anda tinggal mengisinya dengan IP tersebut. Jika anda biarkan koson atau 0.0.0.0/0 berarti akan melimit semua IP, kenapa? Karena IP 0.0.0.0/0 akan mewakili seluruh IP yang ada.

Max Limit

DI Max Limit ini ialah alokasi bandwidth maksimal yang akan anda berikan terhadap user anda. Yang perlu anda perhatikan ialah jangan lupa untuk meng Ceklis Target Upload dan Target Download untuk mengaktifkan Fitur Max Limit ini.

Interface

Maksud dari interface ini adalah anda bisa memasukan Interface mana yang akan di limit bandwidthnya, misal kita mau Melimit interface WLAN1 anda tinggal memilihnya saja. Menu Interface ini terdapat pada Tab Advanced.

Limit At

Untuk limit at ini ialah alokasi bandwidth terendah yang alan didapatkan oleh user, jadi beda sama Max Limit. Seburuk apapun Jaringan tersebut user tidak akan mendapat bandwidth di bawah yang sudah di atur dalam Limit at. Menu ini juga terdapat pada menu Advanced. Cukup sampai disini dulu ya belajar mikrotiknya. Tunggu update selanjutnya, yang mau Request bisa berkomentar atau yang kebingungan, sekian dan Terima Kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membatasi Atau Limit Bandwidth Dengan Simple Queue"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel