Belajar Setting Mikrotik Dari Dasar Belajar Setting Mikrotik Dari Dasar - MamiGoNet

Belajar Setting Mikrotik Dari Dasar


Mikrotik adalah sebuah perusahaan dari sebuah negara yang bernama Latvia. Di dalam mikrotik ada yang namanya Router Board, Router Board sendiri yaitu sebuah embedded produk dari mikrotik sendiri. Router Board berbentuk seperti PC tetapi berukuran kecil, di dalam Router Board terdapat OS atau Operating System yaitu RouterOS, RouterOs Sendiri adalah sebuah sistem operasi yang berfungsi untuk mengubah sebuah PC menjadi Router Network yang sangat handal.

Belajar Setting Mikrotik Dari Dasar
Belajar Setting Mikrotik Dari Dasar

Nah tidak usah basa basi lagi pasti kalian sudah mengetahui apa itu Miktoik dan disini kita bisa belajar Setting Mikrotik RB750, disini saya menggunakan Seri RB750 karena saya hanya memiliki seri tersebut yang masih nganggur. Sebelum lanjut silahkan siapkan bahan-bahan belajarnya yaitu:
  1. Router Mikrotik
  2. Komputer / laptop
  3. Kabel UTP
  4. Koneksi Internet ( Bisa Dari Switch )

Setelah selesai menyiapkan bahan-bahannya sudah bisa langsung ke cara setting mikrotik nya. Sebelum masuk kami beritahukan untuk IP nya pasti berbeda-beda ya tergantung IP Internet kalian untuk Sumber internetnya, dan untuk IP Lokal bisa anda bikin sendiri atau bisa mengikuti IP yang saya gunakan.  Mungkin untuk cara settingnya nanti agak berbeda untuk awalnya karena saya menggunakan Sistem Operasi Linux, tetapi setelah masuk ke dalam winbox sama aja kok.

Cara Setting Mikrotik RB750

  1. Untuk Yang pertama Colokan Kalel UTP ke LAN Card PC dan Ethernet 2 di Mikrotik, kenapa Ether 2 karna Ether 1 buat ISP atau Internet.
  2. Pertama kita setting dahulu Network PC dengan IP contoh 192.168.2.2 netmask 29 dan Gateway 192.168.2.1. 
  3. Kemudia Buka winbox, agar bisa buka winbox instal dulu linuk nya dengan aplikasi wine dengan cara ketik pada terminal $ sudo apt-get install wine, Kemudian masukan Sandi linuk anda, tunggu proses selesai, jika sudah selesai, masuk pada folder tempat menyimpan winbox , cara bukanya klik kana dan pilih terminal ketik $ wine winbox.exe. 
  4. Jika sudah terbuka winboxnya klik neighbors maka akan terdeksi Mikrotik yang terhubung dan masuk dengan username admin dan pasword kosongi saja. 
  5. Klik menu Interface, namai dulu Enthernetnya agar mudah dalam konfigurasinya, Enther 1 kasih nama aja ISP, Dan Ether 2 beri nama Client. 
  6. Kemudian Klik menu IP dan pilih Addresess klik simbol + masukan IP buat ether 1 atau ISP dengan IP Contoh 10.10.10.105/24 kemudia save , kemudian Klik lagi simbol + beri ip buat ether 2 atau client dengan ip contoh 192.168.2.1/29  Kemudia Save. 
  7. Kemudia kita masuk ke IP dan Pilih DNS , Isikan DNS google aja yaitu 8.8.8.8 dan ceklis Allow , kemudian save. 
  8. Kalo sudah DNS sekarang setting NAT, Masuk ke IP pilih Firewal, lalu klik menu NAT dan klik simbol +. dan ikuti seperti gambar di bawah ini. 

  9. kalo Sudah setting NAT kita ke IP dan pilih Routers, klik tombol + untuk IP isikan 0.0.0.0/0 kenapa harus 0 karana IP 0 sudah termasuk semua Ip. dan gateway isikan yang di beri dari isp contoh saya dengan ip 10.10.10.100 kemudia save. 
  10. jika sudah kita buat DHCP Server , klik menu IP dan Pilih DHCP Server, kemudia pilih DHCP Setup, untuh DHCP server interface pilih Ether 2 PC, kemudian tingal next-next sampai sucess.
  11. Kemudia Coba ping jika bisa berarti berhasil.
Gimana teman-teman sudah bisa kan untuk melakukan 11 cara di atas? Dengan anda mengikuti Tutorial di atas anda sudah bisa Setting Mikrotik RB750 sampai terkoneksi dengan internet. Mungkin itu saja jika masih bingung bisa berkomentar dan nantinya pasti saya balas dan saya bantu dimana letak kebingungannya.




Belum ada Komentar untuk "Belajar Setting Mikrotik Dari Dasar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel