Cara Konfigurasi Router Di Cisco Packet Tracer #Dasar Cara Konfigurasi Router Di Cisco Packet Tracer #Dasar - MamiGoNet

Cara Konfigurasi Router Di Cisco Packet Tracer #Dasar

Cara Konfigurasi Router Di Cisco Packet Tracer-Kembali lagi dengan MamiGoNet dan kali ini akan sharing mengenai Cisco Packet Tracer yaitu Cara Konfigurasi Router di Cisco Packet Tracer, Apakah Kalian sudah tahu apa itu Cisco Packet Tracer?

Cisco Packet Tracer adalah sebuah aplikasi yang dikeluarkan oleh Cisco yang digunakan untuk pembuatan simulasi sebuah jaringan, jadi pada Aplikasi Cisco Packet Tracer anda bisa membuat sebuah simulasi jaringan, aplikasi ini biasanya juga digunakan dalam simulasi pada saat Training Ujian Cisco CCNA dan lainnya. Nah disini admin MamiGoNet akan memberikan sebuah cara Konfigurasi Router di dalam Cisco Packet Tracer, Router sendiri sangat penting sekali di dalam sebuah jaringan dan merupakan bagian terpenting dalam menghubungkan suatu jaringan agar antar dari jaringan tersebut dapat terhubung dan saling komunikasi.

Sebelum melakukan konfigurasinya yang pertama pasi siapkan dulu aplikasi Cisco Packet Tracernya bisa anda download di https://www.netacad.com/courses/packet-tracer. Kalau sudah download aplikasinya silahkan instal dan jalankan aplikasinya. Untuk mengkonfigurasi Router ini hanya memerlukan waktu sekitar 20 Menit saja, tergantung anda sih.

Langkah-Langkah Konfigurasi Cisco Packet Tracer
  1. Jalankan Aplikasi Cisco Packet Tracer. 
  2. Sebelum melakukan konfigurasi saya sarankan buatlah sebuah topologi agar tidak bingung nantinya, anda bisa membuat seperti topologi saya di bawah ini. 
  3. Sesudah itu kalian bisa konfigurasi di Router 1 dengan Cara seperti di Bawah ini. 

  4. Setelah selesai silahkan anda memberikan IP pada PC1 sesuai gambar di bawah ini. 

  5. Setelah selesai memberikan IP pada PC1 silahkan Ping ke Router1 dengan melalui Command Prompt pada PC1. 
  6. Sesudah Konfigurasi PC1 yang ada di kiri, selanjutnya kita masuk ke dalam bagian kanan, dengan cara memberikan IP ke PC2 yang nantinya akan digunakan untuk setting Wireless Router melalui browser.
  7. Berikan IP pada PC2 yang satu network dengan IP Wireless Routernya yaitu 192.168.0.X.
  8. Kemudian masuk ke dalam Browser melalui PC2 dengan mengunjungi IP Wireless Router yaitu 192.168.0.1 dan masuk dengan User Name :admin dan Password :admin. 

  9. Kemudian masukan IP Wlan nya secara Static sesuai gambar di bawah ini. 
  10. Setelah itu kita bisa juga mengganti sebuah SSID tersebut dengan cara masuk ke menu Wireless kemudian ganti sesuka anda. 
  11. Kemudian kita Klik Laptop yang mau di hubungkan dengan Wireless.
  12. Kemudian anda bisa ganti Por pada Laptop tersebut sesuai gambar di bawah ini. 
  13. Lalu Connectkan laptop pada SSID yang telah anda buat tadi. 
  14. Untuk menguji koneksi anda bisa melakukan tes Ping ke Router Wlan anda sesuai gambar di bawah ini. Jika berhasil maka akan ada status Reply. 

Mungkin itu sedikit mengenai Konfigurasi nya, jika anda sudah bisa melakukan hal tersebut berarti anda sudah bisa melakukan Konfigurasi jaringan sederhana dengan beberapa Perangkat mulai dari PC, Router, Wireless Router dan lainnya. Router tersebut digunakan untuk menghubungkan jaringan yang berbeda. Sekian dan Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Konfigurasi Router Di Cisco Packet Tracer #Dasar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel